Kamis, 21 November 2013

Cinta yang selalu dipitnah dan disertai dengan kebohongan

Kisah cinta parti
Pitnah itu lebih kejam, dan kata-katanya akan mengenai orang yang ngomong

Cinta yang selalu dipitnah dan disertai dengan kebohongan


Didesa rasau ada seorang gadis, ia bernama suparti sering dipanggil dengan prety, sekolah diSMAN 8 BatangHari, Kehidupan keluarganya cukup sederhana. Aku kelas 1 SMA, setiap hari suparti jalani kehidupannya dengan baik dan santai. Namun, tidak tau dengan percintaannya bagaimana seperti ada masalah, tapi prety tidak pernah menceritakan masalahnya itu keorang lain.
Disekolah aku ingin sekali mendapatkan juara kelas, apapun akan dilakukan untuk memuaikan hasil yang memuaskan. Namun, disuatu hari guru matematika memberikan tugas “ selesaikan tugasnya hari ini sebagai ganti ulangan kalian”.
Suparti berusaha sendirian untuk menyelesaikan tugas itu, tapi ada salah satu teman yang bilang “ prety liat dunk jawabannya”. Prety menjawab “ aku belum selesai, ini masih cari-cari jawabannya, kagek be yo!”. “ ih... pelit nian kau tu prety liat saja tidak boleh sok pintar pulak.”
Prety terdiam sejenak, dan binggung mau ngomong apa-apa. Akhirnya parti berikan tugasnya itu ketemannya. “ ini liat lah” temannya menjawab “ nggak usahlah aku liat teman yang lain saja, daripada dengan yang nggak ikhlas melihatkan jawabannya”. “ ya sudahla kalau kayak gitu”
Setelah selesai mengerjakan tugas matematika semuanya mengumpulkan tugas itu. Tak lama kemudian semuanya keluar kelas karena sudah waktunya pulang. Prety siap-siap untuk pulang, dan berjalan kepakiran karena prety setiap hari membawa motor jupiter berwarna biru perak, motor ini dibelikan dengan orang tua sebagai hadiah, karena kelulusan SMP. Aku sangat senang, sayang dan selalu merawat motor ini dengan baik. Namun hari ini aku sangat kesal, kecewa atas kejadian hari ini di sekolah. Aku berpikir “ kenapa ya kok teman-teman bilang aku pelit, padahal maksud aku baik, aku ingin berusaha sendiri untuk mendapatkan hasil yang memuaskan di ulangan tapi......!”.
Setelah sampai dirumah, prety ganti pakaian, lalu makan, setelah makan prety istirahat, tak lama prety ketiduran, sampai sore. Setiap sore mamaknya selalu banguni prety untuk bantu beres-beres rumah dan bekerja didapur. Maklum prety ini kalau tidak disuruh, prety sangatlah malas sekali, apalagi kalau prety sudah tidur susah sekali prety dibanguni.
Mamak prety ( Mus ) “ bangun-bangun sudah sore, tidur be terus, sampai tidak tau gawe dapur”. “ ya ya bentar lagi”
Prety mengerjakan tugasnya didapur, bantu mamaknya masak, nyapu rumah, mencuci piring dan membangkiti pakaian serta melipatnya dan taruk ditempatnya masing-masing. Setelah selesai pekerjaannya barulah prety mandi disumur bawah.
Malam ini adalah malam minggu semua cowok pasti pada ngapelin cewekny masing-masing, termasuk cowok prety. Cowok prety juga orang rasau, bernama adi, prety sering manggil cowoknya ini “mas“, cowoknya ini sebenarnya baik dan penyayang, tapi cowoknya ini hitam, pendek, terus egois samalah dengan sifat aku, tetapi aku paling tidak suka dibohongi oleh itu cowok.
Pas cowoknya datang, prety sambut dengan senang hati. “ assalamualaikum” “ walaikumsalam, masuklah mas, duduklah” prety pun selalu disamping cowoknya. Sedangkan orang tua prety duduk diruang tengah sambil nonton tv. Tapi malam ini bukan lah hari kebahagiaan prety, prety memegang hp cowoknya, ternyata disitu ada sms cewek lain. Dengan rasa kesal prety taruk itu hp diatas meja dan berkata “ ini smsan dengan siapo, enakalah yang smsan sama cewek lain, pakek kalimat sayng-sayang pulak, terus perhatian nian ini cewek. Sedangkan aku kalau ketahuan smsan sama cowok lain atau pun itu cowok teman sendiri atau mantan kau marahi aku, dan diami aku begitu saja. Sekarang seenaknya be yo kau bertindak” maafin mas dex, bukan maksudnya begitu itu nomor teman adx linda orang sebelah, janganlah marah-marah”. “ ohh.... mantan kau yo.....baleklah kau sekarang pecuma kau kesini cuma buat aku kesal dan marah-marah”. “ ya sudah mas pulang tapi adx maafin mas ya, ntar kita smsan aja ya, mas balek dex”.
adi pulang dan berpamitan dengan orang tua prety “ wak, aku balek dulu ya”. “ oo... ya ya “. Prety langsung tutup pintu dan menguncinya, lalu masuk kamar dengan rasa kecewa.
Semenjak kejadian barusan prety berpikir, “ aku ingin bebas, dan tidak banyak mikirin cowok, serta diatur-atur cowok kalau seperti ini kejadiannya”. Prety diami itu cowok berhari-hari. Waktu itu bapak lagi kerja kayu cip, dan yang bantu adi, prety tetap diami, tapi ntah mengapa aku parti tiba-tiba maafin adi.
“ dex maafin mas ya, mas tau mas salah, mas janji tidak akan mengulangnya lagi. Mau ya maafin mas ? “ kata adi.
Prety menjawab “ yo lah kali ini aku maafin, tapi janji yo! Kalau diulangi kita bermain-main perasaaan aja biar sama-sama disakiti”.
“ok la sayang, mas jadi nambah sayang sama dex”.
“ lebai nian”
Disitu bukan hanya saja penjol yang bantu bapak kerja, ada kang giono, kang yono dan kang waras. Aku saling bergurai. Tak lama mamak mau pergi kepasar, jadi aku ikut ngantar mamak kepasar.
 “ ayo antar kagek kesorean mana belum masak” kata mamak
“ yo mak”
Setelah sampai pasar dan belanja yang diperlukan dalam kehidupan hari-hari mereka, parti dan mamaknya pulang. Ditengah perjalanan pas didepan rumah mertuanya kang waras. Kang waras lagi mikul kayu dan ditaruk dipinggir jalan. Aku melontarkan kata-kata “ kasian dech lo.... nagkut kayu” aku melontarkan kata-kata itu masih diatas motor dan membonyeng mamak serta lagi membawa belanjaan.
Sampai dirumah prety membereskan belanjaan yang dibeli sama mamaknya dan memasak. Tiba-tiba hpnya berbunyi tanda ada sms, ternyata itu sms dari istri kang waras, istrinya (siem), smsnya dengan nada marah-marah dan mengatakan aku cewek murahan dan lonte parti pun jadi kesal dan marah-marah dan sms itu aku ceritai dengan mamak dan dibaca sama adi. ( bersambung )

Tidak ada komentar: