Kamis, 25 September 2014

manajemen dasar keperawatan


BAB I
PENDAHULUAN
A.            Latar Belakang
Manajemen merupakan suatu pendekatan yang dinamis dan proaktif dalam menjalankan suatu kegiatan di organisasi. Di dalam manajemen tersebut mencakup kegiatan POAC (planning, Organizing, Actuating, Controlling) terhadap staf, sarana, dan prasarana dalam mencapai tujuan organisasi.
Manajemen didefinisikan sebagai proses menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain untuk mencapai tujuan organisasi dalam suatu lingkungan yang berubah. Manajemen juga merupakan proses pengumpulan dan mengorganisasi sumber-sumber dalam mencapai tujuan (melalui kerja orang lain) yang mencerminkan dinamika suatu organisasi.tujuan ditetapkan berdasarkan misi, filosofi dan tujuan organisasi. proses manajemen meliputi kegiatan mencapai tujuan organisasi melalui perencanaan organisasi, pengarahan dan pengendalian sumber daya manusia, fisik, dan teknologi. Semua perawat yang terlibat dalam manajemen keperawatan dianggap perlu memahami misi, Filosofi dan tujuan pelayanan keperawatan serta kerangka konsep kerjanya.
Manajemen keperawatan mempunyai lingkup manajemen operasional untuk merencanakan, mengatur dan menggerakkan karyawan dalam memberikan pelayanan keperawatan sebaik-baiknya pada pasien melalui manajemen asuhan keperawatan. Agar dapat memberikan pelayanan keperwatan sebaik-baiknya kepada pasien, diperluikan suatu standar yang akan digunakan baik sebagai target maupun alat pengontrol pelayanan tersebut.
Tuntutan Masyarakat terhadap kwalitas pelayanan keperawatan dirasakan sebagai suatu fenomena yang harus direspon oleh perawat. Oleh karena itu Pelayanan keperawatan ini perlu mendapat prioritas utama dalam pengembangan ke masa depan.
Perawat harus mau mengembangkan ilmu pengetahuannya dan berubah sesuai tuntutan masyarakat, dan menjadi tenaga perawat yang professional. Pengembangan  dalam berbagai aspek keperawatan bersifat saling berhubungan, saling bergantung, saling mempengaruhi dan saling berkepentingan. Oleh karena itu inovasi dalam pendidikan keperawatan, praktek keperawatan, ilmu keperawatan dan kehidupan keprofesian merupakan fokus utama keperawatan Indonesia dalam proses profesionalitas. Proses profesionalisasi merupakan proses pengakuan terhadap sesuatu yang dirasakan, dinilai dan diterima secara spontan oleh  masyarakat, maka dituntut untuk mengembangkan dirinya dalam sistim pelayanan kesehataan.
Perubahaan-perubahaan ini akan membawa dampak yang positif seperti makin meningkatnya mutu pelayanan kesehatan/keperawatan yang diselenggarakan, makin sesuainya jenis dan keahlian tenaga kesehatan/keperawatan yang tersedia dengan tuntutan masyarakat, bertambahnya kesempatan kerja bagi tenaga kesehatan. Oleh karena alasan-alasan di atas maka Pelayanan keperawatan harus dikelola secara profesional, karena itu perlu adanya Manajemen Keperawatan.
Manajemen Keperawatan harus dapat diaplikasikan dalam tatanan pelayanan nyata di Rumah Sakit, sehingga perawat perlu memahami bagaiman konsep dan Aplikasinya di dalam organisasi keperawatan itu sendiri.
Untuk lebih memahami arti dari Manajemen Keperawatan maka kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan organisasi keperawatan, bagaimana tugas dan tanggung-jawab dari masing-masing personil di dalam organisasi yang pada akhirnya akan membawa kita untuk lebih mengerti bagaimana konsep dasar  dari Manajemen Keperawatan itu sendiri

B.     Rumusan Masalah
Rumusan masalah pada makalah ini adalah bagaimana konsep dasar kajian situasi dalam proses manajemen.


C.     Tujuan
1.    Tujuan umum
Secara umum mahasiswa mampu mengetahui konsep dasar kajian situasi dalam proses manajemen.
2.    Tujuan Khusus
a.    Mahasiswa mampu mengetahui tentang definisi manajemen.
b.    Mahasiswa mampu mengetahui tentang pengertian manajemen keperawatan
c.    Mahasiswa mampu mengetahui tentang fungsi – fungsi manajemen
d.    Mahasiswa mampu mengetahui tentang prinsip – prinsip manajemen keperawatan
e.    Mahasiswa mampu mengetahui tentang kerangka konsep.
f.      Mahasiswa mampu mengetahui tentang proses manajemen keperawatan.
g.    Mahasiswa mampu mengetahui tentang komponen sistem manajemen keperawatan.
h.    Mahasiswa mampu mengetahui tentang lingkup manajemen keperawatan
i.      Mahasiswa mampu mengetahui tentang bidang kajian manajemen

D.    Manfaat
1.      Bagi Institusi Pendidikan Khususnya Untuk Mahasiswa Keperawatan
Sebagai tambahan informasi dan bahan pustaka bagi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi (STIKES – HI ) mengenai konsep dasar kajian situasi dalam proses manajemen.
2.      Bagi Mahasiswa Keperawatan
Untuk memberikan informasi kepada mahasiswa lain dan kepada masyarakat tentang konsep dasar kajian situasi dalam proses manajemen.



BAB II
TINJAUAN TEORITIS


A.            Definisi manajemen
Manajemen adalah Suatu proses melakukan kegiatan atau usaha untuk mencapai tujuan organisasi melalui kerjasama dengan orang lain. (Harsey dan Blanchard)
Manajemen adalah pengorganisasian seluruh sumberdaya melalui perencanaan, pengorganisasian, pemberian bimbingan dan pengendalian agar tercapai sasaran-sasaran dan tujuan-tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. (Henry L.Silk)
Dari pengertian para pakar diatas disimpulkan bahwa manajemen adalah suatu proses untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan melalui perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pemberian bimbingan.
Manajemen berfungsi untuk melakukan semua kegiatan yang perlu dilakukan dalam rangka pencapaian tujuan dalam batas – batas yang telah ditentukan pada tingkat administrasi. Sedangkan Liang Lie mengatakan bahwa manajemen adalah suatu ilmu dan seni perencanaan, pengarahan, pengorganisasian dan pengontrol dari benda dan manusia untuk mencapai tujuan yang ditentukan sebelumnya.

B.            Pengertian Manajemen Keperawatan
  Manajemen keperawatan adalah proses pelaksanaan pelayanan keperawatan melalui upaya staf keperawatan untuk memberikan asuhan keperawatan, pengobatan dan rasa aman kepada pasien, keluarga dan masyarakat. (Gillies, 1989).
 Kita ketahui disini bahwa manajemen keperawatan adalah suatu tugas khusus yang harus dilaksanakan oleh pengelola keperawatan untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan serta mengawasi sumber – sumber yang ada, baik sumber daya maupun dana sehingga dapat memberikan pelayanan keperawatan yang efektif baik kepada pasien, keluarga dan masyrakat.
C.            Fungsi – Fungsi Manajemen
Secara ringkas fungsi manajemen adalah sebagai berikut :
1.    Perencanaan (planning), perencanaan merupakan :
a.         Gambaran apa yang akan dicapai
b.        Persiapan pencapaian tujuan.
c.         Rumusan suatu persoalan untuk dicapai
d.        Persiapan tindakan – tindakan
e.         Rumusan tujuan tidak harus tertulis dapat hanya dalam benak saja
f.           Tiap – tiap organisasi perlu perencanaan
2.    Pengorganisasian (organizing), merupakan pengaturan setelah rencana, mengatur dan menentukan apa tugas pekerjaannya, macam, jenis, unit kerja, alat – alat, keuangan dan fasilitas.
3.    Penggerak (actuating), menggerakkan orang – orang agar mau / suka bekerja. Ciptakan suasana bekerja bukan hanya karena perintah, tetapi harus dengan kesadaran sendiri, termotivasi secara interval.
4.    Pengendalian / pengawasan (controling), merupakan fungsi pengawasan agar tujuan dapat tercapai sesuai dengan rencana, apakah orang – orangnya, cara dan waktunya tepat. Pengendalian juga berfungsi agar kesalahan dapat segera diperbaiki.
5.    Penilaian (evaluasi), merupakan proses pengukuran dan perbandingan hasil – hasil pekerjaan yang seharusnya dicapai. Hakekat penilaian merupakan fase tertentu setelah selesai kegiatan, sebelum, sebagai korektif dan pengobatan ditujukan pada fungsi organik administrasi dan manajemen.

D.           Prinsip – Prinsip Manajemen Keperawatan
Prinsip – prinsip yang mendasari manajemen keperawatan adalah :
1.        Manajemen keperawatan seyogyanya berlandaskan perencanaan karena melalui fungsi perencanaan, pimpinan dapat menurunkan resiko pengambilan keputusan, pemecahan masalah yang efektif dan terencana.

2.        Manajemen keperawatan dilaksanakan melalui penggunaan waktu yang efektif. Manajer keperawatan yang menghargai waktu akan menyusun perencanaan yang terprogram dengan baik dan melaksanakan kegiatan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan sebelumnya.
3.        Manajemen keperawatan akan melibatkan pengambilan keputusan. Berbagai situasi maupun permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan kegiatan keperawatan memerlukan pengambilan keputusan di berbergai tingkat manajerial.
4.        Memenuhi kebutuhan asuhan keperawatan pasien merupakan fokus perhatian manajer perawat dengan mempertimbangkan apa yang pasien lihat, fikir, yakini dan ingini. Kepuasan pasien merupakan poin utama dari seluruh tujuan keperawatan.
5.        Manajemen keperawatan harus terorganisir. Pengorganisasian dilakukan sesuai dengan kebutuhan organisasi untuk mencapai tujuan.
6.        Pengarahan merupakan elemen kegiatan manajemen keperawatan yang meliputi proses pendelegasian, supervisi, koordinasi dan pengendalian pelaksanaan rencana yang telah diorganisasikan.
7.        Divisi keperawatan yang baik memotivasi karyawan untuk memperlihatkan penampilan kerja yang baik.
8.        Manajemen keperawatan menggunakan komunikasin yang efektif. Komunikasi yang efektif akan mengurangi kesalahpahaman dan memberikan persamaan pandangan, arah dan pengertian diantara pegawai.
9.        Pengembangan staf penting untuk dilaksanakan sebagai upaya persiapan perawat – perawat pelaksana menduduki posisi yang lebih tinggi atau upaya manajer untuk meningkatkan pengetahuan karyawan.

E.            Kerangka Konsep
Manajemen partisipasif yang berlandaskan pada paradigma keperawatan :
1.        Manusia akan tertarik dan terikat pada pekerjaannya.
2.        Jika informasi yang bermanfaat dan layak pada individu akan membuat keputusan terbaik untuk dirinya sendiri.
3.        Tujuan kelompok akan lebih mudah dicapai oleh kelompok.
4.        Setiap individu memiliki karakteristik dan motivasi, minat dan cara untuk mencapai tujuan kelompok.
5.        Fungsi koordinasi dan pengendalian amat penting dalam pencapaian tujuan.
6.        Persamaan kualifikasi harus dipertimbangkan.
7.        Individu memiliki hak dan tanggung jawab untuk mendelegasikan kewenangannya pada mereka yang terbaik dalam organisasi.
8.        Pengetahuan dan keterampilan amat diperlukan dalam pengambilan keputusan yang profesional.
9.        Semua sistem berfungsi untuk mencapai tujuan kelompok dan merupakan tujuan bersama untuk menetapkan tujuan bersama

F.             Proses Manajemen Keperawatan
Proses manajemen keperawatan sesuai dengan pendekatan sistem terbuka dimana masing – masing komponen saling berhubungan dan berinteraksi dan dipengaruhi oleh lingkungan. Karena merupakan suatu sistem maka akan terdiri dari lima elemen yaitu input, proses, output, kontrol dan mekanisme umpan balik.
Input dari proses manajemen keperawatan antara lain informasi, personel, peralatan dan fasilitas.
Proses dalam manajemen keperawatan adalah kelompok manajer dari tingkat pengelola keperawatan tertinggi sampai ke perawat pelaksana yang mempunyai tugas dan wewenang untuk melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dalam pelaksanaan pelayanan keperawatan. Untuk melaksanakan proses manajemen diperlukan keterampilan teknik,keterampilan hubungan antar manusia,dan keterampilan konseptual.
Output adalah asuhan keperawatan, pengembangan staf dan riset. Kontrol yang digunakan dalam proses manajemen keperawatan termasuk budget dari bagian keperawatan, evaluasi penampilan kerja perawat, prosedur yang standar dan akreditasi. Mekanisme timbal balik berupa laporan finansial, audit keperawatan, survey kendali mutu dan penampilan kerja perawat..

G.           Komponen Sistem Manajemen Keperawatan
Komponen dari Manajemen Keperawatan :
1.        Input : Informasi, personal, peralatan dan fasilitas.
2.        Proses
Kelompok manejemen (dari tertinggi sampai dengan perawat pelaksana) yang mempunyai tugas dan wewenang untuk melaksanakan perencanaan, organisasi, pengarahan dan pengawasan dalam pelaksanaan pelayanan keperawatan.
3.        Output : Askep (Asuhan Keperawatan) dan pengembangan staf sampai dengan riset
4.        Kontrol : budget, prosedur, evaluasi kinerja dan akreditasi.
5.        Feed back mechanism : laporan Financial, audit Keperawatan, Survey Kendali Mutu dan Kinerja

H.           Lingkup Manajemen Keperawatan
     Mempertahankan kesehatan telah menjadi sebuah industri besar yang melibatkan berbagai aspek upaya kesehatan. Pelayanan kesehatan kemudian menjadi hak yang paling mendasar bagi semua orang dan memberikan pelayanan kesehatan yang memadai akan membutuhkan upaya perbaikan menyeluruh sistem yang ada. Pelayanan kesehatan yang memadai ditentukan sebagian besar oleh gambaran pelayanan keperawatan yang terdapat didalamnya.
Keperawatan merupakan disiplin praktek klinis. Manajer keperawatan yang efektif seyogyanya memahami hal ini dan memfasilitasi pekerjaan perawat pelaksana. Kegiatan perawat pelaksana meliputi:
1.        Menetapkan penggunakan proses keperawatan
2.        Melaksanakan intervensi keperawatan berdasarkan diagnose
3.        Menerima akuntabilitas kegiatan keperawatan yang dilaksanakan oleh perawat
4.        Menerima akuntabilitas untuk hasil – hasil keperawatan
5.        Mengendalikan lingkungan praktek keperawatan
 Seluruh pelaksanaan kegiatan ini senantiasa di inisiasi oleh para manajer keperawatan melalui partisipasi dalam proses manajemen keperawatan dengan melibatkan para perawat pelaksana.

I.              Bidang Kajian Manajemen
Kemajuan ilmu pengetahuan terjadi di segala bidang ke ilmuan. Perbedaannya mungkin hanya terletak pada banyak atau sedikitnya sarjana yang menangani satu bidang ilmu itu, atau terlertak pada cepat atau lambatnya kemajuan ilmu yang berseangkutan. Khusus bidang manajemen terdapat tempat tersendiri dalam perkembangannya dalam dekade terakhir ini. Adapun bidang manajemen yang di maksud, antara lain manajemen perkantoran, manajemen produksi, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen personalia.
1.    Manajemen perkantoran
Manajemen perkantoran merupakan rangkain aktifitas merancanakan, mengorganisasi, mengarahkan, mengawasi dan mengendalikan sampai menyelenggarakn secara tertip sesuai tujuan mengenai suatu hal atau kegiatan. Pekerjaan perkantoran meliputi: mengetik, menghitung, memeriksa, menyimpan warkat/arsip, menelpon, mengandakan, dan mengirim surat.
2.    Manajemen produksi
Manajemen produksi dapat di artikan sebagai kegiatan pengaturan secara maksimal faktor-faktor produksi (alam, tenanga kerja, modal dan keterampilan) untuk menciptakan atau menambah kegunaan suatu barang atau jasa. Kegiatan dalam pengaturan faktor produksi tersebut tidak terlepas dari pelaksanaan fungsi manajemen yaitu meliputi: perecanaan, pengorganisasian, pergerakan, dan pengawasan. Tujuan manajemen produksi adalah mengatur produksi barang/jasa dalam jumlah, kualitas, harga, waktu, serta tempat tertentu sesuai kebutuhan konsumen.
3.    Manajemen pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan manusia yang bertujuan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia melalui proses pertukaran. Fungsi pemasaran tersebut terdiri atas :
a.    Penjualan merupakan fungsi utama, karena bertujuan untuk segera menjual barang/jasa ke konsumen sehingga memperoleh keuntungan
b.    Pembelian bertujuan memilih barang yang akan di beli untuk di jual kembali.
c.    Penganguktan fungsi pemindahan barang dari tempat barang di hasilkan ke tempat barang mengkonsumsi, akan menuntukan ongkos angkut yang berhubungan dengan distribusi.
d.    Penyimpan berfungsi untuk menyimpan  barang pada saat barang selsai di produksi sampai saat barang di konsumsi.
e.    Pembelanjaan fungsi mendapatkan modal baik dari sumber pemilik maupun bukan pemilik.
f.      Penanggungan  resiko berfungsi menghindari dan mengurangi resiko yang berkaitan dengan pemasaran barang.
4.    Manajemen keuangan
Manajemen keuangan adalah kegiatan untuk memperoleh dan menggunakan dana dengan bertujuan meningkatkan/memaksimalkan nilai perusahaan
5.    Manajemen personaria
Manajemen personaria merupakan segenap aktifitas yang berhubungan dengan masalah penggunaan tenaga kerja manusia dalam suatu usaha kerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Oleh kerna itu objeknya adalah tenaga kerja manusia, kegiatan manajemen personaria tidak jauh dari penerimaan sampai pensiunnya tenaga kerja atau karyawan.


BAB III
PENUTUP

A.            Kesimpulan
Manajemen adalah pengorganisasian seluruh sumberdaya melalui perencanaan, pengorganisasian, pemberian bimbingan dan pengendalian agar tercapai sasaran-sasaran dan tujuan-tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Manajemen keperawatan adalah proses pelaksanaan pelayanan keperawatan melalui upaya staf keperawatan untuk memberikan asuhan keperawatan, pengobatan dan rasa aman kepada pasien, keluarga dan masyarakat.
Secara ringkas fungsi manajemen adalah sebagai berikut : Perencanaan (planning), Pengorganisasian (organizing), Penggerak (actuating), Pengendalian / pengawasan (controling), Penilaian (evaluasi).
Mempertahankan kesehatan telah menjadi sebuah industri besar yang melibatkan berbagai aspek upaya kesehatan. Pelayanan kesehatan kemudian menjadi hak yang paling mendasar bagi semua orang dan memberikan pelayanan kesehatan yang memadai akan membutuhkan upaya perbaikan menyeluruh sistem yang ada. Pelayanan kesehatan yang memadai ditentukan sebagian besar oleh gambaran pelayanan keperawatan yang terdapat didalamnya.
Keperawatan merupakan disiplin praktek klinis. Manajer keperawatan yang efektif seyogyanya memahami hal ini dan memfasilitasi pekerjaan perawat pelaksana.
 Seluruh pelaksanaan kegiatan ini senantiasa di inisiasi oleh para manajer keperawatan melalui partisipasi dalam proses manajemen keperawatan dengan melibatkan para perawat pelaksana.




B.            Saran
1.             Bagi Institusi
Penulis berharap makalah ini dapat menjadi referensi tambahan untuk PSIK STIKES HI pada khususnya dan semua pembaca pada umumnya.
2.             Bagi Mahasiswa
Setelah mempelajari dan memahami secara lebih dalam tentang konsep dasar kajian situasi dalam proses keperawatan, diharapkan mahasiswa mampu menerapkan apa yang telah dipelajari dan diperolehnya. Serta mengimplementasikan langsung melalui praktik di lapangan tentang manajemen keperawatan.






























DAFTAR PUSTAKA


Roymond H. Simamora. 2012. Buku Ajar Manajemen Keperawatan. Jakarta. EGC

Tidak ada komentar: